Kami melayani berbagai potensi kerja sama di situs ini! Get now! -->

JITU! Cara Mengetahui Backlink Kompetitor + 3 Tahap Replikasi

Dalam industri SEO yang sangat kompetitif, Anda perlu tahu kekuatan lawan Anda. Khususnya, tentang bagaimana mereka meningkatkan otoritas situs melalui strategi link building. Jadi, cara mengetahui backlink kompetitor itu penting untuk dipelajari. 

Artikel ini akan membahas secara tuntas.. tas... tas tentang:

  • Cara cek backlink pesaing.
  • Mengetahui alat backlink yang diperlukan
  • Cara menganalisis profil backlink pesaing.
  • Bagaimana menggunakan data backlink pesaing untuk SEO Anda.

Mengapa cara mengetahui backlink kompetitor penting untuk strategi SEO Anda?

Sekali lagi! Membangun backlink sangat penting untuk kebutuhan SEO web apa pun. Ini adalah komponen utama dari ratusan variable yang dihitung oleh algoritma mesin pencari dalam menentukan hasil pencarian di SERP.

Backlink adalah tautan masuk dari situs lain ke situs Anda. Makanya, juga sering di sebut sebagai Inbound Link

Satu tautan dari situs otoritas tinggi, bahkan dapat mengubah permainan. Penentu kesuksesan SEO Anda. 

Mari kita menyelam lebih dalam. Tentang mengapa cara mengetahui backlink orang lain itu penting. 

  1. Alasan utama menghabiskan waktu untuk menganlisis backlink pesaing karena; 2 faktor peringkat website adalah tautan dan konten. 
  2. Meniru pesaing yang sudah berhasil. Jika Anda memiliki situs web dan tidak tahu cara memulai link building SEO, mengetahui backlink pesaing dan meniru teknik mereka adalah ide bagus. Banyak situs web menyediakan peluang gratis untuk mendapatkan tautan balik,  

Tidak semua backlink bernilai sama. Ada banyak faktor yang mempengaruhi. Jadi Anda perlu memahami jenis-jenis tautan yang bagus untuk SEO dan mana yang bahkan dapat menjadi racun bagi situs Anda.

Strategi Penting Analisa Backlink Pesaing? 

Strategi backlink pesaing memerlukan keahlian untuk analisis dan pemeriksaan profil backlink itu sendiri. Ini berguna untuk mengetahui kekuatan pesaing Anda. Situs mana yang menautkan dan tautan mana yang berkualitas untuk SEO.

Tujuannya, agar Anda dapat meniru cara mereka yang telah berhasil. Seperti dapat menghubungi situs web yang menjadi sumber backlink dan meminta tautan untuk Anda.

Disisi lain, Anda juga dapat menentukan langkah-langkah apa yang tepat yang memungkinkan pihak situs mau memberi tautan kepada Anda. Seperti membuat konten yang bernilai tinggi, relevan dan menarik untuk ditautkan.

Dengan menghubungi pemilik situs dan meminta tautan, Anda berkemungkinan mendapat manfaat seperti:

  1. Sumber tautan terbukti berkualitas: Situs yang Anda ketahui dari pesaing Anda, memiliki sejarah yang terbukti memberi dampak SEO pada pesaing Anda. Hal ini berkemungkinan besar mau menautkan ke situs Anda juga.
  2. Jangkauan yang disesuaikan: Dengan memiliki informasi yang tepat di mana sumber-sumber yang memberi tautan, Anda tentu dapat membuat rencana yang lebih terarah. Dapat menyesuaikan jangkauan untuk meningkatkan peluang keberhasilan.
  3. Efisiensi: Melalui strategi ini tingkat keberhasilannya cukup tinggi, pemilik situs yang ditargetkan memang sudah tertarik dengan konten mirip dan lebih berkualitas yang telah Anda buat untuk kepentingan ini. 
  4. Keunggulan kompetitif:  Keberhasilan strategi ini jelas dapat membuat kedudukan Anda sama dengan pesaing. Dan Anda dapat mengungguli mereka dalam hasil mesin pencari, melalaui cara lain. 
  5. Tingkat relevansi tinggi: Backlink yang dimiliki pesaing yang berhasil peringkat, kemungkinan memiliki tingkat relevansi tinggi di industri Anda. Karena, hanya backlink relevan lah yang bagus untuk SEO.  

Tools Backlink Checker 

Konsep memerika backlink kompetitor dan backlink Anda, cenderung sama. Anda dapat menggunakan backlink checker dari beberapa layanan yang populer. 

Anda butuh peralatan yang tepat untuk dengan mudah mengungkap strategi lawan Anda. Dan alat-alat yang perlu Anda siapkan di gudang senjata antara lain:
  1. Ahrefs:  Ini adalah alat yang paling populer untuk memeriksa backlink. Penyedia alat SEO ini, menawarkan basis data backlink yang mumpuni dan memberi wawasan tautan domain baik dalam bentuk, jangkar, dan halaman teratas dengan URL yang tepat di situs pesaing Anda.
  2. Moz:  Layanan komplit untuk para ahli SEO,  brand ini  juga menyediakan Link Explorer untuk memberi gambaran komprehensif tentang tautan dan otoritas domain pesaing Anda.
  3. SEMrush:  Ini alat SEO yang menawarkan basis informasi untuk banyak sisi dan terperinci.  Sehingga Anda dapat menganilisis secara mendalam kekuatan  kompetitor untuk menyusun rencana yang lebih baik.
  4. Majestic:  Ini juga alat canggih, Dapat membantu Anda memahami kekuatan pesaing. Termasuk gambaran trust flow, citation flow, hingga sejumlah metrik penting lainnya.
  5. BuzzSumo:  Alat ini beguna untuk wawasan berbasis konten,  Penyedia menawarkan kemampuan untuk melihat konten yang paling banyak dibagikan untuk suatu topik. Ini berguna untuk mengetahui area utama yang menjadi fokus perhatian pesaing Anda.
Cara penggunaannya, Anda dapat baca artikel: Cara Cek Backlink Menggunakan 5 Tools SEO

Mengetahui jenis backlink yang diperiksa

Seperti sudah disebutkan diawal, bahhwa tidak semua backlink bernilai sama. Jadi, penting untuk mengetahui variable utama untuk mengukur nilai tautan itu sendiri. 

Mari kita mulai:

Kuantitas 

Jumlah tautan itu penting. Karena ini menentukan otoritas domain. Semakin baik otoritas suatu situs semakin berpotensi peringkat lebih baik. Namun, backlink memiliki bobot yang berbeda antara satu dan lainnya. Jadi, tidak ada gunanya menjadi gila dengan mencari tautan sebanyak mungkin. Berfokuslah pada kualitas. 

Otoritas Domain

Backlink dari situs yang memiliki otoritas tinggi, berpotensi memberi nilai yang tinggi pula. Satu tautan dari situs otoritas lebih baik dan bergunsa untuk SEO dari pada banyak tautan dari situs otoritas rendah. 

Singkatnya, mesin pencari akan menilai situs Anda lebih kredibel jika memiliki backlink dari situs otoritas tinggi. Pastikan untuk mengingat kualitas-kualitas saat memulai analisis backlink kompetitor Anda.

Variasi

Jenis tautan yang bagus untuk SEO, itu harus bervariasi. Hindari volume teks jangkar yang terlalu dioptimalkan. Google tidak suka dengan web yang mencoba memanipulasi peringkat dengan cara ini. 

Anda perlu membuat variasi seperti:

  • URL Telanjang: Ini jenis tautan dalam bentuk URL tanpa hyperlink dalam bentuk ancor teks.
  • Teks jangkar bermerek: Ini tautan dengan ancor teks dalam bentuk brand Anda.
  • Jangkar kata kunci: Ini tautan dengan ancor teks dalam bentuk kata kunci yang ingin Anda peringkatkan.

Cara mengetahui Backlink Kompetitor Dalam 3 Langkah Mudah

Sebelumnya, saya sudah mengulas secara mendalam tentang cara cek backlink melalui beberapa tools SEO. Anda dapat membaca halaman itu dulu, lalu baik lagi kesini.  Saya pribadi paling sering menggunakan ahref. 

Enam langkah staregis berikut akan memberi Anda informasi yang sangat berguna dalam mengetahui kekuatan pesaing Anda. Mari kita langsung saja mulai. 

1) Mengetahui pesaing Anda 

Anda perlu tahu persis siapa kompetitor Anda baru menerapkan strategi yang sudah kita bicarakan. Mari kita mulai mengidentifikasi siapa pesaing di industri Anda.

Bisa saja, dikepala Anda sudah terngiang siapa lawan Anda. Tapi, tidak ada salahnya untuk menyelam lebih dalam lagi.

Lagi pula, semakin banyak situs yang Anda analisis, akan memberi data untuk peluang membangun backlink dimasa depan. 

Mari kita bagi pesaing Anda dalam dua kelompok:

  1. Kelompok satu: Pesaing tingkat halaman. Ini adalah situs yang peringkat di halaman tertentu yang ingin Anda peringkat.  Situs ini hanya bersaing untuk kueri penelusuran tertentu tapi memilik fokus berbeda dengan niche situs Anda.  
  2. Kelompok dua: Pesaing tingkat domain. Ini jenis pesaing, dimana  yang menerbitkan konten dalam bidang yang sama dengan situs Anda. Mereka ingin peringkat untuk berbagai kata kunci yang juga Anda ingin peringkat. 

Untuk memberi gambaran yang lebih spesifik untuk membedakan antara dua kelompok kompetitor Anda:

Bayangkan Anda membangun situs untuk peringkat di kata kunci "baju batik terbarik". Hasil pencarian tersebut di Google akan menampilkan situs sebagai berikut:

Ada empat situs yang menjadi contoh dari kasus tersebut. Untuk situs batik keris online adalah pesaing ditingkat domain. Sementara, yang lain adalah pesaing di tingkat halaman . 

Infomasi siapa pesaing tingkat domain, sangat penting dan berguna untuk strategi link building secara keseluruhan, Sementara kompetitor di tingkat halaman, mungkin berguna untuk mendapatkan tautan ditingkat halaman saja. 

Pesaing Tingkat Domain

Ini adalah kompetitor yang perlu menjadi fokus utama Anda. Jenis ini bersaing untuk segala kueri yang Anda ingin peringkat.

Bisa jadi situs ini tidak menjual produk atau layanan yang sama.  Tetapi mereka ingin peringkat di semua kata kunci yang Anda harapkan.  

Untuk menemukan pesaing jenis ini, Anda dapat melihat contoh penelusuran kata kunci seperti diatas. 

Pesaing Tingkat Halaman 

Meskipun pesaing jenis ini tidak bersaing dengan Anda secara langsung, namun mereka dapat menggeser kedudukan situs Anda di SERP. 

Untuk menemukan situs pesaing tingkat halaman, Anda dapat memilih salah satu postingan Anda dan lakukan pencarian di mesin pencari melalui fokus keyword Anda. 

Tetap Terorganisir

Ini adalah proyek jangka panjang. Jadi selama Anda melakukan proses memeriksa backlink kompetitor, luangkan waktu sejenak untuk mencatat semua hasilnya di Spreadsheet atau Google Sheet. 

Ini sangat berguna untuk memisahkan nama domain, konten yang ditautkan ke situs web, dan konten di situs Anda yang dapat menggantikannya. 

Anda juga perlu menambahkan domain dan otoritas halaman untuk situs yang diperika. Termasuk web pesaing dan sumber tautannya. 

2) Temukan dan Tiru Backlink Pesaing

Tahap ini Anda bekerja untuk mencari tahu dan upaya untuk replikasi backlink, Penting meneliti secara mendalam profil backlink pesaing secara manual dan dengan alat backlink checker. 

Meneliti Backlink Pesaing Anda

Di tahap ini, saya anggap Anda sudah memiliki data siapa pesaing. Anda dapat mulai melihat profil backlink mereka. Untuk memeriksa dan mengetahui backlink pesaing, telusuri URL situs web mereka dengan alat pemeriksa backlink. 

Selanjutnya, lihat data tautan masuk mereka. Peluang tautan terbaik untuk dilihat adalah backlink eksternal. Selanjuitnya, Anda dapat memeriksa halaman mana yang paling banyak ditautkan. 

Dengan mengetahui halaman yang paling banyak mendapat tautan, memungkinkan Anda untuk mencari tahu mengapa postingan tersebut begitu sering ditautkan.

Munkin karena mereka menggunakan banyak gambar atau infografis, atau jenis tulisan berbasis data dan atau lainnya. 

Anda harus mengetahui secara pasti alasan halaman tersebut mendapat banyak tautan. Dengan begitu, Anda dapat menyusun rencana dan memiliki ide dalam membuat konten yang lebih baik dari itu.   

Selanjutnya, Anda perlu memantau domain situs mana yang memberi mereka tautan. Apakah situs tersebut sesuai relevan dengan niche situs Anda. 

Dari data tersebut, Anda dapat masuk dalam tahapan mereplikasi backlink pesaing dan membangun profil backlink yang lebih baik untuk SEO Anda. 

8 Metode Spesifik Mereplikasi Backlink Pesaing

Data dari hasil meneliti backlink pesaing, sekarang Anda membangun rencana yang paling efektif. Metode-metode dibawah ini, memungkin itu berhasil.

  • Memanfaatkan Tautan Beranda #1

Memulai dari tahap backlink yang mengarah pada beranda atau domain utama, adalah langkah awal yang logis. Ini berguna untuk mencari tahu dari mana sumber tautan itu didapat oleh pesaing Anda. Mengapa situs-situs itu menyebut pesaing Anda dan bukan Anda. 

Untuk mengetahi tautan yang mengarah pada beranda kompetitor, periksa laporan analisis backlink menggunakan filter dofollow. Jenis ini memiliki dampak besar pada peringkat situs. Itu karena bot pencarian mengikutinya. Sementara tautan nofollow, akan abaikan. 


Pada gambar, saya menggunakan cara cek backlink menggunakan Ahref.  Dari sana terlihat situs mana yang memberi tautan dan mengapa mereka melakukan.  

Untuk petunjuk awal, periksa teks jangkar, teks tautan di sekitarnya, dan judul halaman. Dari data ini, Anda dapat mengetahui alasannya. Dengan begitu, Anda dapat meniru dan memberi sentuhan yang lebih baik untuk meningkatkan potensi memperoleh tautan yang sama. 

Siapkan, apa saja yang menurut Anda penting selanjutnya, hubungi pemilik situs sumber backlink tersebut. Tawarkan untuk menganti dengan alasan yang logis dan kuat. 

  • Ciptakan Konten yang Lebih Unggul Dibandingkan Pesaing Anda #2

Tidak dapat dipungkiri bahwa, dua faktor terpenting untuk SEO adalah backlink dan konten. Untuk itu, pastikan Anda memiliki modal dasar konten terbaik dan berguna bagi audiens di luar sana.  Sekali lagi, itu harus lebih baik dari pesaing Anda. Ini memungkinkan Anda mencuri backlink mereka. 

Sederhananya, cari tahu konten pesaing Anda yang paling populer, pelajari secara mendalam untuk menemukan ide konten yang lebih baik. Mungkin dari sisi detail atau hal lain. Merenunglah!

Ide dasarnya, kebanyakan orang menyukai grafik, infografis, dokumen, data statistik, bagan dan lainnya. Menambahkan nilai-nilai yang berguna akan membantu Anda dalam hal apa pun. 

  • Cari Tahu Situs yang Terhubung ke Banyak Pesaing #3

Jika banyak situs di luar sana memberi tautan yang ke banyak pesaing Anda, seharusnya Anda juga disertakan. Jika Anda memeriksa satu situs dengan sekelompok pesaing, kemungkinan itu adalah hub tautan. Tempat yang bagus untuk memperoleh tautan. 

Hub tautan biasanya berupa forum, blog yang mengulas topik Anda, situs review atau direktori dan komunitas khusus industri. Situs jenis ini, cenderung memiliki banyak lalu lintas yang menjadi target pasar Anda. Jadi adalah penting mendapat tautan dari sana. 

Jadi penting untuk berupaya penuh dari metode ini.  

  • Tulis Posting Tamu untuk Situs yang Sama dengan Pesaing Anda #4

Menjadi guest bloging di situs yang memberi tautan ke pesaing Anda, cara yang logis untuk mendapat backlink yang sama nilainya dari pesaing Anda. Ini dapat dikatakan sebagai cara yang lebih mudah. 

Menjadi penulis tamu, memungkinkan Anda dapat menempatkan tautan yang mengarah ke situs Anda.  

Tidak sulit untuk mengetahi dimana pesaing Anda menjadi guest bloging. Caranya, gunakan Google untuk melakukan pencarian lanjutan menggunakan nama penulis, frasa "posting tamu", dan URL situs pesaing. Dan atau Anda dapat melakukan pencarian gambar terbalik menggunakan Google Chrome untuk menemukan posting dengan gambar yang terkait dengan kompetitor Anda.

Dan untuk menjadi pemenang, Anda dapat melakukan posting tamu, di situs yang belum memberi tautan ke pesaing Anda. Saya merekomendasikan beberapa link situs yang berisi daftar situs yang menyediakan tempat bagi guest blogging. Seperti: GuestPost CRD, FreePost MP, GuestPost 5G, GuestPost IN, dan GuestList.

  • Jalin Hubungan dengan Audiens Pesaing #5

Tidak bisa tidak, Anda harus masuk lebih dalam. Jika ada pemilik situs tertentu yang memberi tautan ke pesaing, jelas berpotensi dapat melakukan hal yang sama pada Anda. Apalagi Anda memiliki konten yang lebih baik dari pesaing Anda. 

Untuk mengetahui situs apa saja yang memberi backlink ke pesaing Anda, lakukan pemeriksaan domain pesaing menggunakan backlink checker. Dari sana Anda dapat mengetahui situs mana saja yang paling sering membagikan konten pesaing, dan Anda dapat meneliti mengapa hal itu dilakukan. 

Selanjutnya, cari peluang untuk mendekati mereka. Jelaskan bahwa Anda dapat membantu situs mereka dengan menawarkan konten yang lebih baik dari segi apa pun. Membangun hubungan secara emosional bahkan dapat bekerja lebih baik untuk tujuan Anda. Pikirkan bagaimana caranya. 

Untuk menghubungi pemilik situs, Anda dapat melalui halaman contact mereka. Juga bisa melalui media sosial, seperti; LinkedIn, Twitter, Facebook dan lain. Lakukan dengan cara yang elegant. 

  • Awasi Backlink Baru Pesaing Anda #6

Anda dapat mengatur notifikasi untuk backlink baru yang didapat oleh pesaing Anda. Itu bisa melalui alat SEO seperti yang telah di ulas diatas. Pada halaman yang disediakan, Anda dapat menempatkan domain kompetitor untuk di pantau. 

Anda perlu bereaksi secepat mungkin. Halaman cenderung diperbarui segera setelah posting awal, jadi semakin cepat Anda berburu, itu semakin baik. 

Metode ini digunakan untuk pesaing pada halaman yang spesifik atau kata kunci tertentu. Seluruh pesaing di situs akan menerima banyak backlink baru setiap saat, agak mustahil untuk dipantau.

  • Penawaran untuk Memperbarui Konten yang Kedaluwarsa #7

Dalam proses pemeriksaan backlink orang lain ini, biasanya Anda akan menemukan konten yang sudah ketinggalan kadaluarsa. Ini adalah kesempatan emas. Hubungi pemilik situs yang memberi tahu tentang itu. Tawarkan untuk memperbaruinya dengan imbalan tautan ke situs Anda. 

Memperbarui konten yang kadaluarsa sangat efekti memperoleh backlink. Karena itu berguna bagi pemilik situs. 

  • Temukan Link Rusak Pesaing Anda #8

Menemukan tautan yang rusak, juga cara ampuh untuk mendapat backlink. Ini perlu ketelitian yang lebih tinggi. Dan saat itu ditemukan, jangan menunggu waktu. Segera hubungi pemilik situs untuk menawarkan halaman yang relevan dengan tautan itu. Anda bahkan dapat menawarkan diri untuk menulis ulang konten mereka. 

3) Tetap Unggul dari Pesaing Anda

Segala yang sudah dibahas diatas, jelas berutjuan untuk membangun profil tautan yang beragam dan berlimpah untuk strategi link building Anda. Termasuk reflikasi backlink pesaing. 

Dalam prosesnya, Anda perlu mempertimbangkan jenis tautan yang layak diduplikasi. Untuk selanjutnya, Anda fokus pada pengembangan strategi backlink dengan teknik sendiri. Yang tentunya, sulit di tiru oleh pesaing.  

Beberapa hal berikut, akan menjadi roadmap Anda. 

Ketahui Kapan Mereplikasi Backlink Layak Dilakukan

Hal yang paling utama adalah kesabaran. Serius! Ini sangat melelahkan. Disisi lain, Anda juga tidak bisa terburu-buru kecuali menggunakan cara membeli backlink. Anda perlu kehati-hatian karena Google selalu mengembangkan algoritma mereka dalam mengetahui situs mana yang menjual tautan. 

Dalam mereflikasi tautan pesaing, Anda juga perlu mempertimbangan tautan mana yang pantas Anda perjuangkan. Mana yang tidak karena hanya sampah atau spam berkualitas rendah. Selain itu, mungkin beberapa tautan mustahil untuk ditiru. 

Berjuanglah untuk backlink yang memiliki potensi tinggi untuk diperoleh. Dan tentunya, harus relevan dengan niche Anda. 

Membangun Strategi Backlink

Anda sulit berhasil, jika hanya meniru tautan pesaing. Karena itu hanya akan membuat Anda tertinggal. Jadi, penting bagi Anda untuk membangun strategi backlink yang kuat dan sulit untuk ditiru pesaing Anda. 

Namun, dengan melakukan proses memeriksa tautan pesaing Anda, itu membuat Anda memahami apa yang dilakukan pesaing Anda dan membuat sesuatu yang lebih bagus lagi. Wawasan yang memungkinkan Anda mengembangkan konten untuk mendapat backlink secara alami. 

Perlu juga pikirkan, cara untuk memastikan bahwa situs lain tahu bahwa mereka dapat menautkan ke situs Anda. 

Kesimpulan

Cara mengetahui backlink kompetitor dan mereplikasi backlinknya untuk Anda, seharusnya menjadi nilai tambah dalam strategi link building Anda. 

Sepertinya, itu terdengar sangat melelahkan. Namun, SEO adalah tentang persaingan. Hanya ada sepuluh URL di halaman pertama hasil pencarian Google. Saat, satu naik maka dipastikan satu akan turun. Jadi, seharusnya yang turun itu bukan Anda. 


Posting Komentar