Kami melayani berbagai potensi kerja sama di situs ini! Get now! -->

Cara Cek Backlink Menggunakan 5 Tools SEO

Cara Cek Backlink

Cara cek backlink merupakan hal penting yang perlu diketahui oleh semua pemilik website atau blog. Pasalnya, backlink merupakan hal penting di dalam SEO Off Page yang berfungsi untuk meningkatkan Domain Authority dan ranking situs di hasil pencarian. Banyak yang bilang, semakin banyak backlink, maka otoritas sebuah website akan semakin baik. Apakah benar?

Sayangnya, tidak semua jenis backlink bagus untuk situs Anda. Bahkan jika Anda mendapatkan link dari situs spam, otomatis situs Anda juga akan dinilai spam oleh mesin pencari seperti Google. Bahaya, bukan? Pasti bahaya, dong! Maka dari itu, mari kita pelajari bersama bagaimana cara mengecek backlink menggunakan beberapa tools. 

Apa Itu Backlink?

Backlink atau disebut juga sebagai inbound link, merupakan link yang diberikan oleh suatu website ke website lain. Tujuan dari penggunaan backlink ini biasanya digunakan oleh pemilik website untuk mengutip informasi dari sumber yang kredibel dan terpercaya. Selain itu, backlink juga digunakan untuk menghubungkan dua website yang memiliki keterkaitan (seperti bermitra atau berafiliasi). 

Backlink merupakan salah satu dari 200 faktor peringkat Google. Banyak yang bilang, semakin banyak backlink yang didapatkan oleh sebuah situs, maka akan semakin bagus juga otoritasnya di mata mesin pencari. 

Kenapa Anda Harus Mengecek Backlink?

Sayangnya, sekarang Google sudah memperbarui algoritmanya, di mana hanya backlink-backlink dari situs populer dengan otoritas tinggi saja yang dihitung sebagai backlink berkualitas. 

Kenapa? Karena sekarang semakin banyak praktik-praktik manipulasi link yang berbahaya untuk kesehatan situs, serta menurunkan pengalaman pengguna. Di mana link yang diklik oleh pengguna dari suatu halaman mengarahkan mereka ke halaman lain yang tidak relevan. 

Untuk itulah, mesin pencari seperti Google sangat mengutuk tindakan spam atau manipulasi link ini.  Jadi, Anda harus sangat menghindari backlink yang datang dari situs mencurigakan. Perlu melakukan cara cek backlink secara berkala. Hal ini bertujuan untuk jika mendapati link yang berbahaya, Anda bisa langsung segera menghapusnya.

Cara Cek Backlink Menggunakan Beberapa Tools Lainnya

Backlink sangat penting untuk meningkatkan Domain Authority dan peringkat sebuah website. Namun, jika mendapatkan link yang bersumber dari situs spam, ini justru malah akan membahayakan situs Anda. Maka dari itu, lakukan cara cek backlink di bawah ini dengan menggunakan beberapa tools penting.

1. Ahrefs

Cara cek backlink paling favorite, saya menggunakan Ahref. Ini adalah brand yang menyediakan tools SEO, salah satunya adalah menyediakan layanan cek backlink gratis. Meskipun sebenarnya alat ini menyediakan paket berbayar untuk penggunaan analisis SEO yang lebih mendalam, namun Anda bisa memanfaatkan fasilitas gratis yang diberikan, contohnya seperti Ahrefs Backlink Checker.

Cek Backlink Ahrefs

Untuk menggunakannya pun mudah sekali, Anda hanya perlu memasukkan URL domain ke dalam kolom yang sudah disediakan. Setelah itu, klik Check backlinks.  
Hasil Backlink Ahrefs

Setelah itu, Ahrefs akan menampilkan hasil backlink yang dimiliki oleh situs Anda. Selain untuk mengecek situs milik Anda pribadi, tools ini juga bisa dimanfaatkan untuk cek backlink kompetitor karena tidak ada batasan pemakaian. 

2. Menggunakan Google Search Console

Google Search Console merupakan alat yang disediakan oleh Google untuk menginspeksi website pengguna. Dengan menggunakan alat ini. Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur penting, seperti mengecek performa website dan jumlah backlink yang masuk.

Cek Backlink Google Search Console

Pada menu Links > External Links, Anda bisa mengecek sumber yang memberikan backlink ke situs Anda. Akan tetapi, hasil laporan Google Search Console ini tidak real-time. Hal ini mengikuti cara kerja Googlebot yang memakan waktu untuk meng-crawling setiap link yang ada di halaman semua website di internet. 

3. Ubersuggest (Neil Patel)

Selain cara cek backlink Ahrefs dan GSC, Ubersuggest atau yang sekarang berubah menjadi neilpatel.com juga menyediakan tools gratis yang bisa Anda manfaatkan. Sama seperti Ahrefs, ini merupakan website yang menyediakan tools SEO untuk melakukan analisis yang mendalam. 

Cek Backlink Ubersuggest

Anda hanya tinggal perlu memasukkan nama domain atau URL di kotak yang sudah tersedia. Setelah itu, klik Submit dan tunggu beberapa saat untuk melihat hasil backlink yang masuk ke situs Anda. 

Hasil Backlink Ubersuggest

Yang menariknya menggunakan Ubersuggest, Anda bisa melihat Domain Authority (DA), Page Authority (PA), dan Spam Score (SS) dari situs yang memberikan link mengarah ke situs Anda. Dengan begitu, Anda jadi bisa lebih mudah menemukan mana saja backlink toxic yang dapat membahayakan website Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa mengekspor hasil laporan ini menjadi CSV/Excel meskipun hanya dengan menggunakan versi gratis. Namun, Ubersuggest memiliki batasan penggunaan, di mana Anda hanya diberikan maksimal 3 kali pengecekan backlink. 

4. SEO Review Tools

SEO Review Tools adalah website yang menyediakan alat untuk menganalisis hasil strategi SEO Anda, mulai dari pengecekan trafik sampai cara cek backlink. Situs ini berafiliasi dengan Semrush, di mana hasil lengkap dari laporan backliink bisa dicek melalui platform tersebut. 

Namun untuk pengecekan backlink secara gratis, Anda bisa langsung saja memasukkan URL website Anda di kolom yang sudah disediakan lalu klik Perform check

Cara Cek Backlink SEO Review Tools

Setelah itu, website ini akan menampilkan hasil laporan backlink yang masuk ke situs yang Anda masukkan tadi. Namun, situs ini hanya bisa menampilkan Anchor Text dan DA yang digunakan untuk mengirim link. Jadi, Anda tidak bisa mendapatkan laporan berapa PA dan SS dari sumber yang memberikan backlink ke situs Anda. 

Hasil Backlink SEO Review Tools

Namun, kelebihan dari situs ini adalah bisa menampilkan jenis link yang Anda dapatkan. Jika tautan yang masuk merupakan backlink Dofollow, maka akan ditandai dengan huruf “F” (Follow). Sedangkan untuk backlink Nofollow ditandai dengan huruf “NF” (Nofollow). 

5. Smallseotools

Tools yang satu ini sebenarnya mirip dengan SEO Review Tools. Smallseotools menyediakan banyak sekali alat yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan digital marketing. Namun, tools paling andalan dari platform ini adalah Plagiarism Checker. Meskipun begitu, Anda tetap bisa memanfaatkan alat backlink checker yang sediakan oleh mereka secara gratis. 

Cek Backlink Smallseotools

Untuk menggunakannya, masukkan URL website yang ingin Anda cek. Setelah itu, klik kotak untuk mengkonfirmasi bahwa Anda bukan robot lalu klik Get Backlinks

Hasil Backlink Smallseotools

Tunggu beberapa saat dan Anda akan mendapatkan hasil laporan backlink masuk ke situs Anda. Pada laporan ini, Anda bisa mengetahui Anchor Text yang digunakan untuk mengirim link tersebut, jenis backlinknya (apakah Nofollow atau Dofollow), dan SDR (Semrush Domain Rating) yang sama seperti DA. 

6. Semrush

Alat terakhir yang bisa Anda gunakan untuk cara cek backlink, Semrush merupakan perusahaan yang dikenal menawarkan tools digital marketing dan SEO yang lengkap. Namun, platform ini tidak memberikan akses gratis sepenuhnya. Anda perlu menggunakan paket berbayar jika ingin mendapatkan akses penggunaan tools SEO yang lebih advanced.

Untuk menggunakan Backlink Analytics dari Semrush, masukkan URL website dari situs Anda lalu klik Analyze.

Cek Backlink Semrush

Setelah itu, klik bagian Backlinks yang ada di menu yang tersedia untuk melihat sumber-sumber situs yang memberikan link untuk situs Anda. 

Backlink Analytic Semrush

Menariknya, Anda bisa menggunakan filter yang disediakan untuk mengkategorikan backlink yang berjenis Nofollow, Dofollow, Sponsored, dan User-Generated Content (UGC)

Hasil Backlink Semrush

Selain itu, hasil backlink tersebut bisa Anda export menjadi file CSV/Excel untuk memudahkan analisis backlink yang lebih mendalam. Namun, Semrush juga membatasi pemakaian. Jadi, Anda tidak bisa menerapkan seperti cara cek backlink Ahrefs gratis di atas tadi di dalam platform ini. 

Baiklah, itu tadi adalah penjelasan lengkap mengenai cara cek backlink dan menggunakan tools lainnya yang bisa menjadi alternatif Anda. Karena backlink merupakan bagian penting dalam meningkatkan otoritas domain dan peringkat website, pastikan Anda hanya mendapatkan inbound link dari situs-situs populer yang berkualitas. 

Posting Komentar